Pages

Sekilas Tentang Wolfram Alpha



Wolfram Alpha ini dikembangkan oleh Wolfram Research yang dikepalai oleh Stephen Wolfram sejak tahun 1987, tapi Wolfram Alpha ini sendiri di release ke publik pada tanggal 15 Mei 2009 . Wolfram Alpha ini hadir dengan tagline nya “Computational Knowledge Engine” artinya kita bisa memasukkan berbagai pertanyaan dan komputer akan berusaha mencarikan jawabannya.
Menurut kata-kata Stephen Wolfram
this is some text after the jump break
sendiri, produknya lebih cocok disebut sebagai “mesin pengetahuan komputasional”. Menurut salah satu posting blog-nya, Stephen Wolfram menyebutkan bahwa lewat produk barunya ini dia mencoba mewujudkan keinginan manusia ketika komputer pertama dibuat. Pada saat itu orang menyangka bahwa kita cukup mengajukan pertanyaan faktual kepada komputer, dan kita akan langsung diberi jawaban. Kenyataannya pada saat ini komputer belum dapat berperilaku seperti ini.
Di sisi lain, jaringan web saat ini telah mengumpulkan jutaan halaman teks dan informasi lainnya. Namun, menurut Wolfram “kita belum dapat mengomputasinya. Kita hanya dapat menjawab pertanyaan yang sudah diajukan sebelumnya. Kita dapat mencari, tapi tidak dapat menyimpulkan hal baru.”
Untuk mewujudkan mengomputasi pengetahuan ini Wolfram Alpha memanfaatkan basis data terstruktur yang dimilikinya, yang kemudian diolah dengan peranti lunak Mathematica. Bila mesin pencari lain biasanya hanya dapat menampilkan informasi yang tersedia bebas di web, Wolfram Alpha juga memanfaatkan kumpulan data yang sudah dilisensi, serta informasi offline.
Selain mengomputasi data dan menyimpulkannya, hal lain yang hendak dibidik Wolfram adalah kemampuan komputer untuk memahami pertanyaan yang diajukan dengan bahasa alamiah. Pada saat ini biasanya mesin pencari hanya dapat memahami kata kunci, ditambah dengan simbol-simbol atau operator logika.
Jadi bisa disimpulkan bahwa sistem mesin pencari terbaru ini, adalah suatu gudang data yang dapat memahami dan dapat menggunakan bahasa manusia biasa untuk menjawab berbagai pertanyaan. Sistem tersebut memberikan informasi yang selalu dinilai terlebih dahulu oleh pakar, dengan kata lain Wolfram Alpha tidak akan memiliki kekurangan seperti yang dialami pada Wikipedia atau pun berbagai jenis situs pengetahuan perorangan lainnya yakni kebenaran yang diragukan.
Wolfram Alpha merupakan sebuah mesin pencari jenius yang hasil pencariannya berbeda dengan kebanyakan mesin pencari pada umumnya. Jika kebanyakan mesin pencari menampilkan berbagai link dalam daftar hasil pencariannya, maka Wolfram Alpha hanya menampilkan satu halaman yang berisi berbagai informasi terkait kata kunci yang kita masukkan ke dalam kotak pencariannya.


Bagi yang ingin masuk dan menjajal Wolfram Alpha silakan klik di sini


Perlu dicatat bahwa Wolfram Alpha saat ini tidak menjelajah web untuk mencari jawaban atas suatu pertanyaan. Di Google, saya bisa mencari nama saya “Fajar Alfiansyah Prasetyo”, dan akan muncul situs-situs yang saya miliki. Wolfram Alpha tidak memiliki kemampuan semacam itu, dan akan menjawab dengan “Wolfram|Alpha isn’t sure what to do with your input.”

Berikut contoh pembahasan matematika integral : 
Inilah teknik baru dalam mendapatkan informasi di internet.Wolframalpha.com adalalahmesin pencari yang dapat menyajikan informasi yang sistematis.
Berbeda dengan Wikipedia, Wolframalpha akan menyajikan berbagai infomasi dalam bentuk data-data yang berhubungan dengan angka-angka.Wolframalpha juga bukan merupakan user-generated content seperti wikipedia. Karena Wolframalpha mempunyai tujuan jangka panjang membuat semua pengetahuan yang sistematik dapat dihitung (computable), dan semua orang dapat mengaksesnya. 
Wolfram Alpha dapat menjawab pertanyaan seperti “who is the president of united states”, “when is the next solar eclipse in Indonesia”, atau “what is the distance between chiang mai and bandung”. Wolfram Alpha dapat menampilkan grafik fungsi, membandingkan saham dua perusahaan, menampilkan cuaca suatu kota, menampilkan struktur kimia, menyajikan peta, dsb. Tapi Wolfram Alpha juga masih belum sempurna, banyak pertanyaan sederhana yang belum bisa dijawab, tapi sebagai produk baru, kemampuannya sudah sangat menjanjikan. Bagi ilmuwan atau siswa/mahasiswa sains, Wolfram Alpha akan sangat berguna dalam melakukan riset. Di balik layar, saat ini Wolfram Alpha menggunakan 10 ribu komputer untuk menjawab aneka pertanyaan. Jumlah ini masih jauh dibawah Google, jadi jangan heran jika terkadang permintaan Anda butuh waktu lama untuk memprosesnya. Selain versi publik, Wolfram Alpha juga akan dijual untuk entitas komersial sehingga bisa dipakai untuk menganalisis data pada suatu perusahaan, dan tentunya akan ada fitur-fitur yang tidak diberikan dalam versi publik. 
Sebenarnya WolframAlpha tidak begitu tepat kalo di sebut sebagai mesin pencari, tepatnya adalah ask engine alias mesin tanya, kalo Wolfram Alpha sendiri menyebut dirinya knowledge egine. Karena hasil dari WolframAlpha bukanlah sederetan URL seperti yang kita lihat di search engine pada umumnya tetapi tepatnya adalah jawaban dari sederetan kata yang kita ketik di input box nya. Seperti kalo kita ketik indonesia president, maka hasilnya seperti ini: Bisa juga kita mengetahui detail dari dua kota termasuk jaraknya. Misal saya ketik Yogyakarta Madiun, hasilnya seperti ini: Atau juga kita ingin mengetahui tentang molekul dari senyawa tertentu, misalnya H2O. Hasilnya anda bisa coba sendiri dan lihat betapa mengagumkannya hasil carinya.

Intinya Kita hanya tinggal copas soal yang ingin kita cari cara penyelesaianya 
Semoga dapat membantu :)

1 comment:

Unknown said...

WolframAlpha memang sangat canggih. Berguna bagi pelajar, pengajar, riset, dan masyarakat umum yang ingin mencari ilmu pengetahuan. Saya akan menyarankan penggunaannya di Forum Pekerjaan Rumah.

Terimakasih untuk artikel yang bermanfaat ini.